INDONESIA INTELLIGENCE INSTITUTE (III)

INDONESIA INTELLIGENCE INSTITUTE (III)

 

 

Dunia terus berubah dalam berbagai dimensi dan sistemnya. Perubahan-perubahan tersebut mempengaruhi berbagai aspek pada lingkungan strategi Indonesia. Indonesia tidak bisa melepaskan diri secara total dari berbagai perubahan tersebut, karena Indonesia adalah bagian dari komunitas dunia Internasional (world society) dan bagian dari komunitas yang terbawa arus globalisasi. Dalam konteks demikian, terdapat dua pilihan bagi Indonesia, yaitu berubah mengikuti kehendak dunia Internasional atau bertahan dan menolak arus perubahan dunia. Jalan tengah yang terbaik adalah mengikuti sebagian, khususnya dalam konteks untuk meningkatkan kecerdasan bangsa dan kesejahteraan sosial bagi masyarakat Indonesia. Dilain sisi menolak sebagian, khususnya dalam konteks yang bertentangan dengan Pancasila.

Dalam perkembangan dewasa ini. Trend perkembangan dunia bertumpu pada dinamika ekonomi. Kekuatan ekonomi ditentukan oleh kemampuan pelaku usaha dalam mencari, menemukan dan memanfaatkan informasi yang dimilikinya. Kemampuan pelaku usaha dalam mencari, menemukan dan memanfaatkan informasi ditentukan oleh kekuatan jaringan Informasi.

Dalam konteks sebagaimana tertuang dalam paragraph satu dan paragraph dua. Diperlukan kehadiran satu perkumpulan profesional yang mampu membangun jaringan kekuatan ekonomi bangsa Indonesia. Menyediakan kebutuhan pengembangan usaha dari pelaku usaha. Memberikan pengetahuan dan informasi kepada pelaku usaha. Menjembatani hubungan birokrasi dengan pelaku usaha. Membangun sarana komunikasi antara pelaku usaha dan aparat penegak hukum sehingga terbangun iklim usaha yang aman dari premanisme dunia usaha dan gangguan lainnya. Memberikan solusi terhadap berbagai masalah hukum dan sosial, serta hal-hal positif lainnya yang diperlukan oleh pelaku usaha maupun birokrasi negara. Dengan pemikiran demikian, dibentuklah suatu perkumpulan profesional bernama Indonesia Intelligence Instute.

( I.I.I ).

Bagikan berita ini untuk teman kamuShare on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedIn